Directed by Aneesh Chaganty; Produced by Timur Bekmambetov, John Cho ; Writing credits Aneesh Chaganty, Sev Ohanian ; Starring John Cho, Michelle La, Joseph Lee, Debra Messing ; Cinematography Juan Sebastian Baron ; Runtime 102 minutes ; Country USA ; Language English

David Kim: I didn’t know her. I didn’t know my daughter. ”

searching

Storyline

Setelah Margot Kim (Michelle La)putri David Kim (John Cho) yang berusia 16 tahun hilang, penyelidikan dilakukan dan seorang detektif wanita bernama Vick (Debra Messing) ditugaskan untuk menangani kasus tersebut. Setelah 37 jam kemudian David dan Vick tidak mendapatkan satu petunjuk pun yang berarti, hingga akhirnya David memutuskan untuk mencari petunjuk di tempat yang mungkin bisa menuntun dia kepada putrinya, yaitu laptop putrinya, dan internet.

Review

Sebenarnya sudah tidak asing lagi jika Hollywood mulai membuat film dengan gaya seperti ini, menjadikan layar komputer sebagai sebagian besar media visual dalam penceritaannya. Sebelumnya film “Unfriended” dan beberapa yang lain telah melakukannya. Namun, film-film itu hanya memperlihatkan potensi mereka saja dan hanya mencapai hasil yang biasa-biasa saja.

Penyutradaraan dari sutradara debutan Aneesh Chaganty sukses membuat Searching menjadi salah satu film paling thrilling di tahun ini. Teknik POV yang digunakan sungguh magis, seakan-akan Chaganty mengajak kita untuk bersama-sama mencari Margot Kim yang hilang dengan petunjuk-petunjuk unik yang dia berikan. Seluruh penonton tiba-tiba jadi detektif dadakan, disuruh menebak dan dipaksa berfikir.

Kegagalan penonton dalam menebak “Siapa yang melakukan ini….? kenapa bisa begitu….?” , adalah keberhasilan Chaganty sebagai penulis cerita misteri kekinian yang sangat mendebarkan ini. Bahkan dengan tanpa dialog, tanpa wajah siapapun yang diperlihatkan, film ini selalu bergerak maju dengan ketegangan yang rapi dibangun dari awal hingga akhir.

John Cho sangat luar biasa dalam memerankan David Kim. Jika wajah Cho terlihat familiar, berarti kamu mungkin pernah menonton Harold & Kumar atau Star Trek, dan biasanya memang John Cho memerankan karakter yang comedic. Namun di film ini dia keluar dari World of Humor, seketika berubah menjadi seorang ayah yang rapuh dengan ketidakhadiran putrinya, dan berhasil membuat penonton berempati kepadanya.

Pada akhirnya, Searching adalah film unik yang berhasil karena nilai yang nyaris sempurna di semua lini. Film ini hadir ketika masyarakat sudah sangat terikat dengan social media, dan internet. Dan semakin kamu suka “kepo” di internet, semakin kamu suka dengan film ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.