Directed by Travis Knight; Produced by Ron Ames, Michael Bay, Chris Brigham; Writing credits Christina Hodson ; Starring Hailee Steinfeld, Dylan O’Brien, Megyn Price, John Cena, Jorge Lendeborg Jr. ; Cinematography Enrique Chediak ; Runtime 113 minutes ; Country USA ; Language English ; Budget $128,000,000 ;

Optimus Prime: “Bumblebee, our war rages on. You must protect Earth, and its people.”

bumblebee

Storyline

Bersetting di tahun 1987, Bumblebee berhasil kabur dari perang yang sedang terjadi di Cybertron. Bumblebee lalu merubah bentuknya menjadi VW Beetle dan menemukan tempat perlindungan di tempat barang rongsokan di California, dimana ia lalu diketemukan oleh Charlie (Hailee Steinfeld).

Review

Bumblebee disutradarai oleh Travis Knight, yang sebelumnya dikenal lewat Kubo and the Two Strings. Tampil pede untuk terlihat lebih sederhana secara visual dibanding 5 film terdahulunya, Bumblebee justru hadir dengan cinta yang lebih besar. Kisah persahabatan manusia-robot ala Iron Giant diperlihatkan untuk para fans yang sudah mulai muak dengan film Transformers garapan Michael Bay.

Less action, more story . Akhirnya kita disuguhkan film Transformers yang bagus dengan pengembangan karakter robot-robot yang lebih dalam. Michael Bay yang dulu menghilangkan pentingnya pengembangan karakter robot seperti kepribadian mereka, perilaku dan yang paling mengecewakan adalah kita hampir dibuat buta akan konflik yang terjadi antara Autobots dan Decepticons.

Pedihnya menonton seri Transformers dari Michael Bay adalah kita terlalu banyak diberi bom dan ledakan, sementara film dibumbui oleh cerita yang alakadarnya dan akting buruk para pemainnya, yang akhirnya mengakibatkan hilangnya cerita secara keseluruhan.

bumblebee 2

Hubungan Bumblebee dan Charlie adalah inti dari cerita film ini. Hailee Steinfeld berhasil membawakan karakter Charlie dengan sangat baik. Dibalik sisi tomboynya, ia bisa menampilkan Charlie yang rapuh sebagai seseorang yang kehilangan sosok ayah. Sementara Bumblebee datang dengan penuh perasaan. Chemistry antara Charlie dan Bumblebee sangat kuat. Bumblebee diperlakukan layaknya sahabat, tidak seperti dulu yang hanya jadi peliharaannya Shia Labeouf.

John Cena, si raja WWE juga disini sebenarnya tampil tidak terlalu buruk. Hanya saja dia kadang terlihat jadi versi murahnya Dwayne Johnson. Seharusnya dia tidak diberikan porsi sebesar ini karena kemampuan aktingnya juga masih biasa saja.

Hal keren lain di film Bumblebee ini adalah soundtracknya yang kental nuansa 80’an. Ada lagu-lagu dari Duran-Duran, The Smiths, hingga a-Ha. Sungguh menyenangkan bisa menonton film Transfomers yang punya nilai nostalgia seperti ini.

Kesimpulannya, Bumblebee dengan gayanya yang mengadopsi pop culture tahun 80’an berhasil memikat kita akan kesederhanaannya. Dan berhasil membuktikan bahwa tanpa ledakan disana-sini, film ini bahkan bisa jauh lebih hidup daripada 5 film terdahulunya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.