Directed by James Wan; Produced by Khadija Alami, Jon Berg, Rob Cowan, Walter Hamada, Geoff Johns, Mark O’Neill; Writing credits David Leslie Johnson-McGoldrick, Will Beall ; Starring Jason Momoa, Amber Heard, Willem Dafoe, Nicole Kidman, Patrick Wilson, Dolph Lundgren, Yahya Abdul-Mateen II ; Cinematography Don Burgess ; Runtime 143 minutes ; Country USA ; Language English ; Budget $160,000,000 ;

Arthur Curry: “I’m no leader. I came because I have no choice. I came to save my home, and the people that I love.”

aquaman

Storyline

Arthur Curry (Jason Momoa) mengetahui bahwa dia ternyata adalah pewaris kerajaan bawah laut Atlantis. Tidak menginginkan dirinya menjadi raja Atlantis, dia harus menghadapi dilema saat adiknya, King Orm (Patrick Wilson) menginginkan perang dengan penduduk daratan.

Review

Benar-benar pesta CGI. Aquaman terasa lebih seperti video game ketimbang film. Tentara Atlantis seperti pasukan yang keluar dari game Halo. Meskipun cara menampilkan visualnya spektakuler, namun kadang kita dibuat bosan dengan ritme cukup berantakan ketika James Wan, sutradara film ini, berusaha menampilkan beberapa elemen cerita, khususnya pada saat flashback.

Salah satu daya tarik yang dari sebuah film super hero adalah karakter villain yang harus kuat. Dan di Aquaman, Black Manta adalah penjahat yang lemah, dengan kostum yang terlihat cupu dan pasti tidak terlalu dipedulikan oleh penonton. Dan King Orm juga tidak memiliki karismatik yang seharusnya dimiliki oleh seorang raja.

Kecuali Jason Momoa dan Amber Heard yang berperan sebagai Princess Mera, akting pemain lainnya cenderung datar. Dialognya sungguh predictable, pemakaian jeda dramatis sebagai pengantar punchline sudah terlalu tua dan punchline nya pun tidak ada yang kuat.

aquaman meraJames Wan sebenarnya sudah cukup baik mengangkat derajat DC untuk tampil menarik setara Marvel. Wan yang sudah dikenal sebagai sutradara film horror / thriller ternama seperti Saw dan The Conjuring dengan cukup baik menyisipkan elemen horror kedalam film ini, seperti adegan saat Arthur dan Mera berada di The Trench atau saat Arthur berenang di kegelapan mencari Trisula.

Sebenarnya film Aquaman ini tidak jelek-jelek amat. Hanya saja ekspektasi saya terhadap film ini cukup tinggi. Sejak keberhasian Patty Jenkins dalam Wonder Woman, harapan para fans DC akan film-film DC selanjutnya untuk bisa lebih baik jadi semakin besar. Lalu keluarnya trailer 5 menit Aquaman yang bombastis makin menambah hype di film ini semakin menjadi. Namun sayang, eksekusinya masih kurang baik akibat penyakit yang masih menjangkit DC hingga saat ini, yaitu cerita yang klise dan humor yang garing.

Terlepas dari kekurangannya, Aquaman jelas merupakan film yang fun buat ditonton. Aquaman menawarkan kisah superhero dengan visual kehidupan bawah laut yang mencengangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.