Directed by Bradley Cooper; Produced by Bradley Cooper, Robert J. Dohrmann, Bill Gerber, Lynette Howell Taylor, Todd Phillips; Writing credits Eric Roth, Bradley Cooper ; Starring Bradley Cooper, Lady Gaga, Sam Elliott, Andrew Dice Clay ; Cinematography Matthew Libatique ; Runtime 136 minutes ; Country USA ; Language English ; Budget $36,000,000 ;

Jack: “Can I tell you a secret? I think you might be a songwriter. And don’t worry, I won’t tell anybody. But I’m not very good at keeping secrets.. ”

a star is born

Storyline

Pemusik kawakan Jackson Maine (Bradley Cooper) jatuh cinta dengan Ally (Lady Gaga) yang sedang berusaha menjadi seorang penyanyi profesional. Jack membantu Ally menjadi kuat saat Ally hampir menyerah pada mimpinya untuk menjadi penyanyi besar. Ally mulai ikut bernyanyi di setiap konser Jackson, dan dari sinilah karir Ally melejit. Namun saat karir Ally mulai melesat, hubungan mereka memburuk dan diperparah oleh kebiasaan Jackson kecanduan alkohol.

Review

A Star Is Born adalah remake keempat dari film klasik berjudul sama yang pertama kali dirilis pada tahun 1937. Berbeda dari 3 film sebelumnya, sang sutradara, Bradley Cooper berhasil membawa cerita klasik ini ke level yang lebih rock, penuh semangat, sangat ambisius, senada akan kehidupan artis masa kini yang dibalut dengan soundtrack yang keren-keren  .

a star is born

Hal yang cukup menarik dari film ini bagi saya adalah melihat Bradley Cooper dan Lady Gaga seakan bertukar profesi. Bradley jadi penyanyi, Lady Gaga jadi aktris. Bertindak sebagai sutradara, produser sekaligus penulis cerita, Bradley Cooper membuat saya terkesima dengan keberaniannya bernyanyi dan suaranya pun bisa di cap bagus.

Dan harus di akui Lady Gaga memang terlihat seperti aktris profesional, tidak seperti penyanyi yang mau coba-coba terjun ke dunia akting. Bahkan mungkin hatersnya Lady Gaga pun bisa pensiun jadi haters setelah melihat dia bare skin, tampil kadang lugu, kadang garang. Sangat berbeda dengan tampilan Lady Gaga yang kita ketahui sebelumnya.

30 menit pertama film ini dibuka dengan cukup apik. Kisah pertemuan dari Jackson Maine dan Ally disajikan begitu manis sehingga selanjutnya chemistry antara Jackson dan Ally begitu terlihat. Apalagi emosi yang mereka tunjukan saat menyanyikan lagu “Shallow” berdua di atas panggung makin menambah daya magis yang pasti akan memikat penonton manapun.

Sayangnya, dengan durasi film 136 menit ini, kadang Bradley Cooper kurang bisa menjaga tensi film ini dengan baik. Misalnya, Ally yang diketahui dari awal berjuang menggapai mimpinya menjadi penyanyi terkenal, tiba-tiba karirnya langsung meroket sehingga penonton tidak ingat lagi betapa spesialnya Ally sebelum ia bertemu dengan Jackson, dan darisitu pula konfilk yang dibangun menjadi tidak terlalu kuat dan babak terakhir dari film ini jadi kurang menarik. Bahkan ketika Lady Gaga menyanyikan I’ll Never Love Again pun, efek emosionalnya kurang terasa.

Overall, A Star Is Born adalah salah satu pertunjukan drama terbaik di 2018 ini. Lady Gaga masuk nominasi Oscar? YES! She totally deserved! Patut juga diapresiasi semua penulis lagu yang menghiasi film ini, Remember Us this Way, Look What I Found, Maybe Its Time, I’ll never Love Again, dan Shallow.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.